Minggu, 04 Januari 2015

LOGO UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU



UIN Sultan Syarif Kasim Riau secara resmi telah mendeklarasikan penggunaan logo baru sejak 02 Mei 2012 sebagai upaya menumbuhkan semangat baru menuju visi UIN Sultan Syarif Kasim Riau menjadi "World Class University".



Visualisasi logo UIN SUSKA RIAU terdiri dari 2 bentuk :

- Segi delapan

- Bentuk tiga spiral



Segi delapan merupakan simbol Islami yang mengandung arti mapan, kokoh, ketentraman, logis, dan aman selamat sejahtera.



Bentuk segitiga spiral yang berputar cepat pada satu titik sumbu penggerak yang berarti ilmu pengetahuan sains dan teknologi serta seni islami yang saling berintegrasi dan berkembang sedemikian rupa yang digerakkan oleh dan berdasar serta berorientasi tauhid. 





UNSUR KALIGRAFI IQRA'

Kaligrafi Iqra' empat serangkai membentuk segi delapan dan dapat dibaca empat posisi. Angka delapan merupakan dasar dan tujuan UIN SUSKA RIAU, yaitu :

1. Iman, Islam, dan Ihsan sebagai dasar penyelenggaraan beberapa disiplin ilmu sebagai upaya rill mewujudkan integrasi ilmu dan amal dalam mengembangkan berbagai cabang ilmu pengetahuan dengan pendekatan religius sehingga nilai-nilai Islam sebagai ruh bagi setiap cabang ilmu pengetahuan dan pengaplikasiannya.

2. Memadukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sebagai visi. Serta menyiapkan sumber daya manusia (SDM) serta sarana dan prasarana untuk menunjang pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi.

3. Melakukan pendidikan dan pengajaran serta latihan untuk melahirkan SDM yang berkualitas secara akademik dan profesional serta memiliki integritas pribadi sebagai serjanan muslim.





UNSUR SPIRAL/ANDROMEDA

Tiga spiral (dua tersusun longitudinal, satu tegak lurus) merupakan kesatuan Tiga Bidang Ilmu Pengetahuan sebagaimana yang di tuntun oleh Al-Qur'an dalam surat Fushishilat ayat 53.



Filosofi spiral yang berasal dari satu titik pusat yaitu ALLAH sebagai Maha Pencipta; manusia dengan akal dan hatinya bergerak melingkar secara dinamis mengikuti sembilan gatis (99 Asmaul Husna) dalam tiga sisi kehidupan dunia dan akhirat menuju kesempurnaan. 




TIPOGRAFI HURUF U-I-N

Lambang huruf U/N dihubungkan oleh garis vertikal dan horizontal pada bagian tengah yang melambangkan huruf I sehingga menjadi UIN sebanyak empat komposisi bermakna bahwa UIN SUSKA RIAU berada pada urutan ke-empat dari enam UIN yang ada di Indonesia.



Formasi bentukan singkatan UIN empat serangkai menyiratkan empat program pendidikan yang ada di UIN SUSKA RIAU, yaitu : Progran Diploma, S1, S2 dan S3. Bilangan angka empat juga mengandung makna misi UIN SUSKA RIAU, yaitu :

- Melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk melahirkan SDM yang berkualitas secara akademik dan profesional serta memiliki integritas pribadi sebagai sarjana muslim.

- Melaksanakan penelitian dan pengkajian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan menggunakan paradigma islam.

- Memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sebagai pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan paradigma Islam.

- Menyiapkan SDM serta sarana dan prasarana untuk menunjang kelancaran pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
 



WARNA LAMBANG

Tulisan "IQRA'" warna hijau bermakna pertumbuhan, kesuburan, dan pembaharuan dari aktivitas membaca; secara spiritual mengandung nilai-nilai relegiositas Islami dari hasil uang dibaca.

Spiral/Andromeda kembar warna kuning mengesankan cahaya mengandung makna filosofi Idlam dari perkembangan gerak kemajuan civitas akademika dalam memadukan dua sisi ilmu dan agama secara integral pada kedalaman sanubari mikrokosmos dalam lingkaran mikrokosmos jagat alam raya.

Tulisan U+N warna hijau melambangkan bahwa kampus UIN SUSKA RIAU merupakab Kampus Islam Madani.

Garis bujur dan garis merah pada bola dunia merupakan huruf I (Islam) adalah penegasan keislaman UIN SUSKA RIAU dalam hal perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menggunakan paradigma Islam.

Tulisan UIN SUSKA RIAU berwarna hijau melambangkan kokoh, tegas (Istiqomah), kecerdasan perspektif, perenungan yang luas, dan dinamis (fathanah) yang merupakan singkatan dari UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar